Topik 6
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran
A. Definisi
Dalam upaya memudahkan pembaca memahami istilah konseptual yang ada pada topik ini, berikut ini disajikan definisi istilah yang relevan.
1. Evalusi pembelajaran adalah suatu proses sistematis yang bertujuan untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Proses ini melibatkan pengumpulan dan analisis data mengenai hasil belajar siswa, sehingga dapat diambil keputusan yang berkaitan dengan pengembangan dan perbaikan pembelajaran di masa depan.
2. Skor merupakan angka yang diberikan kepada peserta didik berdasarkan kinerja mereka dalam suatu tes atau evaluasi. Ini adalah hasil dari pengukuran objektif yang dilakukan terhadap individu, dan dapat berupa angka mentah (jumlah jawaban benar) atau skor terskala (yang telah disesuaikan ke dalam skala tertentu) untuk mempermudah interpretasi.
3. Nilai adalah interpretasi dari skor yang diberikan oleh pengajar atau pihak yang melakukan evaluasi. Nilai menggambarkan prestasi keseluruhan siswa dalam suatu mata pelajaran dan biasanya disajikan dalam bentuk huruf (A, B, C, D, F) atau angka (misalnya 1-100 atau 4.0-0.0).
4. Rapor adalah dokumen resmi yang berfungsi sebagai laporan hasil belajar siswa di sekolah/madrasah.
https://drive.google.com/file/d/1q_h7Cx7vFOn17gpTLGqvoT-wysrwWwMx/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar