Topik 7
Pengembangan Modul Ajar
A. Definisi
Dalam upaya memudahkan pembaca memahami istilah konseptual yang ada pada topik ini, berikut ini disajikan definisi istilah yang relevan.
1. Problem Based Learning (PBL) adalah pendekatan pembelajaran yang memfokuskan siswa sebagai pemecah masalah secara aktif. Siswa dihadapkan pada situasi bermasalah yang autentik dan relevan dengan materi yang dipelajari, sehingga mereka didorong untuk mencari solusi melalui investigasi mandiri dan penyelidikan untuk mengembangkan artefak.
2. Project-Based Learning (PjBL) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada keterlibatan aktif siswa dalam proyek nyata sehingga dapat membelajarakan kerja tim dan keterampilan siswa. Siswa bekerja secara kolaboratif untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek yang menuntut penerapan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menyelesaikan masalah atau tantangan yang relevan dengan dunia nyata.
3. Differentiated-based learning (DBL) adalah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan, minat, dan kemampuan setiap siswa secara individual. Pendekatan ini mengadaptasi proses belajar agar sesuai dengan karakteristik unik masing-masing siswa, sehingga mereka dapat belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka sehingga meningkat kreativitasnya.
4. Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), adalah kerangka kerja yang mengintegrasikan tiga komponen utama dalam pendidikan: pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten. Konsep ini bertujuan untuk membantu guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif di era digital.
5. Deep learning (DL) adalah cabang dari kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan jaringan saraf tiruan untuk memproses dan menganalisis data dengan cara yang mirip dengan cara otak manusia. Teknologi ini memungkinkan komputer untuk belajar dari data melalui pengalaman, mengidentifikasi pola kompleks, dan membuat prediksi yang akurat melalui pemrosesan data dan wawasan yang berguna.
https://drive.google.com/file/d/1rmL29UcxdaQ8HA6VeWNQq2m36jmUzLKA/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar