Selasa, 22 April 2025

CONTOH KUMPULAN 5 GAGASAN UTAMA TOPIK 1-8 ( TUGAS MANDIRI MODUL PPP)

 

KUMPULAN 5 GAGASAN UTAMA DARI TOPIK 1-8 MODUL PPP

TOPIK 1

Berikut adalah 5 gagasan utama dari Topik 1: Analisis Capaian Pembelajaran dan Pengembangan Tujuan Pembelajaran dalam Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran, beserta penjelasannya dalam dua alinea:

1. Pemahaman Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) sebagai Dasar Pengembangan Pembelajaran

Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) merupakan landasan utama dalam merancang pembelajaran yang relevan dengan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan. Guru diharapkan mampu menganalisis karakteristik, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman satuan pendidikan untuk memastikan kurikulum yang disusun kontekstual dan mendukung kebutuhan peserta didik. Dalam Kurikulum Merdeka, KSP menekankan pembelajaran yang berpusat pada anak, esensial, dan akuntabel, sehingga guru harus memahami komponen seperti pengorganisasian pembelajaran dan pendampingan profesional untuk mencapai tujuan pendidikan. 

Pemahaman ini penting karena memungkinkan guru untuk menyelaraskan tujuan pembelajaran dengan kondisi lingkungan sekolah/madrasah, termasuk kearifan lokal. Dengan menganalisis KSP, guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran yang operasional, fleksibel, dan mendukung perkembangan peserta didik sesuai Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin. Proses ini juga melibatkan keterlibatan pemangku kepentingan untuk memastikan kurikulum relevan dan berkelanjutan, sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022.

2. Analisis Capaian Pembelajaran (CP) sebagai Acuan Tujuan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan, mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Guru perlu menganalisis CP untuk menguraikan tujuan pembelajaran (TP) yang lebih spesifik dan operasional, yang menjadi panduan dalam merancang aktivitas pembelajaran. CP dalam Kurikulum Merdeka terdiri dari enam fase (A hingga F) dan mencakup elemen seperti rasionalitas, tujuan, dan karakteristik mata pelajaran, yang membantu guru memetakan keluasan dan kedalaman materi. 

Dengan memahami CP, guru dapat merancang pembelajaran yang mendalam, bermakna, dan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Analisis CP juga memungkinkan guru untuk memilih materi esensial berdasarkan asesmen awal, seperti pemahaman, gaya belajar, atau minat peserta didik. Proses ini mendukung fleksibilitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menantang, sekaligus memastikan pencapaian kompetensi yang terukur dan terarah.

https://drive.google.com/file/d/18jKIC7pHcWqXDes_xfwWfNDZ_-LY-LsE/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH PAKTA INTEGRITAS UKIN ( UJI KINERJA ) PPG 2025

  PAKTA INTEGRITAS UJI KINERJA 2025   Yang bertandatangan dibawah ini :               Nama                                : …………………………...