Topik 5
Pengembangan Asesmen Pembelajaran
A. Definisi
Dalam upaya memudahkan pembaca memahami istilah konseptual yang ada pada topik ini, berikut ini disajikan definisi istilah yang relevan.
1. Asesmen adalah proses sistematis yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Asesmen bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja siswa berdasarkan kriteria tertentu dan dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti ujian atau tugas.
2. Asesmen awal adalah proses penilaian yang dilakukan di awal tahun ajaran atau sebelum memulai materi pembelajaran baru. Tujuannya adalah untuk memahami kemampuan, potensi, dan kebutuhan belajar peserta didik. Proses ini penting dalam merancang pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa.
3. Asesmen formatif adalah metode evaluasi yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran, bertujuan untuk memberikan umpan balik yang berarti kepada siswa dan guru. Proses ini membantu siswa memahami sejauh mana mereka menguasai materi pelajaran, serta memberikan informasi kepada guru tentang efektivitas strategi pengajaran yang digunakan.
4. Asesmen sumatif adalah jenis penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran setelah suatu unit pembelajaran selesai. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah menguasai materi yang diajarkan dan berfungsi sebagai dasar untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa.
5. Instrumen asesmen adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang berkaitan dengan penilaian terhadap peserta didik. Tujuannya adalah untuk mengungkap kondisi peserta didik, baik dalam konteks pembelajaran, kinerja, maupun pengembangan peserta didik.
https://drive.google.com/file/d/1KgA13Kb7RJ9Nx2U5fVs4skFgxvgGtEM1/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar