TUGAS REFLEKSI
Topik 5: Pengembangan Asesmen Pembelajaran
Berikut ini adalah uraian lengkap dan terstruktur berdasarkan permintaan Anda tentang materi asesmen dalam pembelajaran, khususnya dikaitkan dengan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam):
1. Analisis Implementasi/Penerapan Materi Asesmen dalam Pembelajaran PAI Dalam praktiknya, asesmen dalam pembelajaran PAI mencakup asesmen awal (pretest atau tanya jawab pemahaman dasar), asesmen formatif (penilaian proses seperti observasi saat diskusi, tanya jawab, tugas harian), dan asesmen sumatif (evaluasi akhir berupa tes atau ujian). Implementasi yang baik terlihat saat guru menyelaraskan asesmen dengan tujuan pembelajaran, misalnya dalam pembelajaran akhlak, asesmen tidak hanya menguji pengetahuan tetapi juga sikap dan praktik keseharian siswa. Instrumen yang digunakan pun harus bervariasi: pilihan ganda, uraian, lembar observasi, portofolio, hingga jurnal refleksi.
Namun, pada kenyataannya, banyak guru masih terpaku pada asesmen sumatif sebagai satu-satunya tolak ukur. Ini menyebabkan asesmen formatif dan asesmen awal tidak maksimal, padahal sangat penting untuk proses remedial dan pengayaan.
https://drive.google.com/file/d/1gzomNJcysYLkGLSu1o2XoklsXMlFy3KU/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar