Selasa, 22 April 2025

MODUL PPP TOPIK 1

Topik 1

Analisis Capaian Pembelajaran dan Pengembangan Tujuan Pembelajaran 

A. Definisi Dalam upaya memudahkan pembaca memahami istilah konseptual yang ada pada topik ini, berikut ini disajikan definisi istilah yang relevan sebagai berikut. 

1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran, dan metode yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

2. Capaian pembelajaan didefinisikan sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan pada setiap di akhir setiap fase 

3. Tujuan Pembelajaran adalah adalah elemen fundamental dalam pendidikan yang memberikan arah dan hasil yang diharapkan dari proses tersebut mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dengan fokus tidak hanya pada hasil akhir tetapi juga pada pengalaman siswa selama pembelajaran. 

4. Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam suatu fase pembelajaran.

5. Kedalaman adalah tingkat penguasaan atau pemahaman dalam bidang pengetahuan tertentu atau seberapa detail konsep-konsep dalam suatu materi pembelajaran dibahas

6. Keluasan adalah seberapa banyak materi atau bahan kajian yang dicakup dalam suatu program studi atau mata kuliah

7. Komponen adalah bagian dari keseluruhan atau unsur yang membentuk suatu kesatuan.

8. Elemen adalah komponen atau unsur yang terhubung untuk memfasilitasi aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

https://drive.google.com/file/d/1FRObgZ2kb0vYk4CthbSx6NZBOmPKi1T1/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH PAKTA INTEGRITAS UKIN ( UJI KINERJA ) PPG 2025

  PAKTA INTEGRITAS UJI KINERJA 2025   Yang bertandatangan dibawah ini :               Nama                                : …………………………...